Olih : Pinandita
Pasek Ketut Adi Wibardi
|
Sanggah cucuk
berasal dari kata sanggah yang berarti penyanggah/menopang, dan cucuk yang
berarti pemucuk. Jadi dapat diartikan sanggah cucuk ini adalah pertemuan antara
penyangga dan pemucuk, maka dari itu sanggah cucuk berbentuk segi tiga. Selain
itu fungsi sanggah cucuk adalah sebagai upasaksi dari pelaksanaan ritual bhuta
yadnya khususnya pecaruan.
Dalam kaitannya
dengan tawur agung kesanga, sanggah cucuk ini dipakai sebagai salah satu sarana
upasaksi yang pasang di samping lebuh atau sebelah pintu/kori masuk rumah.
Sedikit pengetahuan tentang tawur agung kesanga, dapat dijelaskan bahwa tawur
berasal dari kata nawur atau membayar utang. Lalu kepada siapa kita membayar
utang? Kepada para bhuta kala yang mana utang kepada bhuta kala dalam tri rna
termasuk dalam utang kepada dewa rna. Dari utang kepada bhuta inilah perlu dilaksanakannya
bhuta yadnya yang tujuannya adalah agar energi-energi negatif dari para bhuta
kala tidak mengganggu umat manusia di dunia ini. Selain itu juga fungsi tawur
ini agar para bhuta kala disucikan agar bisa menyatu dengan sang hyang tunggal,
maka dari itu pada mantram ngalukat bhuta disebutkan :
“Om lukat sira
sang bhuta dengen masurupan sang kalika, lukat sang kalika masurupan ring
bhatari durga, lukat bhatari durga masurupan ring bhatari uma, lukat bhatari
uma masurupan ring bhatara guru, lukat bhatara guru masurupan ring sang hyang
tunggal, lukat sang hyang tunggal masurupan ring sang hyang sangkaning paran,
apan sang hyang sangkaning paran rat kabeh siddha mawali paripurna. Om siddhir astu tat astu ya namah swaha”
Dikatakan tawur
agung kesanga karena dilaksanakan serentak di seluruh daerah dan juga pada
tilem kesanga/tilem caitra adalah tilem yang paling gelap sehingga merupakan
hari yang paling baik untuk melaksanakan bhuta yadnya.
Untuk pelaksanaan
upacara tawur agung kesanga di tingkat rumah dibagi menjadi tiga bagian sebagai
haturan kepada Tri Mala Paksa, yaitu Bhuta Buchari, Kala Bhucari, dan Durgha
Bhucari. Berikut penjelasannya :
Di halaman Merajan
Kamulan dihaturkan segehan agung cacahan 11 tanding atau yang lebih sederhana
satu segehan berwarna 5 (arah timur putih, merah selatan, kuning barat, hitam
utara, tengah warna brumbun) tetabuhan arak & brem ditujukan kepada Sang
Bhuta Bhucari, mantramnya :
“Ih Bhuta Bhucari,
manusan nira angaturaken segehan, iki tadah saji sira segehan cacahan 11
tanding, madaging beras, jinah paketenganpinaka pamogpog maka kirang nira aja
nyengkalen waduan sira among maka jiwa pramana waduan sira. Wus amangan anginum
lah ta sira pamantukan ring karang nguni soang-soang”
Di pekarangan
rumah dihaturkan segehan manca warna 9 tanding berisikan daging ayam brumbun
(ayam dengan bulu warna-warni), atau yang lebih sederhana 1 segehan berwarna 4
(arah timur putih, merah selatan, kuning barat, hitam utara), tetabuhan arak
& brem, toya anyar ditujukan kepada Sang Kala Bhucari, mantramnya :
“Ih kala Bhucari,
manusan nira angaturaken segehan, iki tadah saji sira segehan manca warna 9
tanding, madaging beras, jinah paketenganpinaka pamogpog maka kirang nira, aja
nyengkalen waduan sira among maka jiwa pramana waduan sira. Wus amangan anginum
lah ta sira pamantuka ring karang nguni soang-soang”
Di lebuh rumah
atau pamedal karang dipasang sanggah cucuk di sebelah kanan. Pada sanggah cucuk
tersebut diletakkan peras daksina, ajuman, banten pedanan, tumpeng ketan,
panyeneng dan rerasmen. Pada sanggah cucuk tersebut digantungkan juga sujang
(batang bambu kecil 2 biji masing-masing diisi arak & brem) Haturan di
sanggah cucuk tersebut ditujukan kepada Sang Durgha Bhucari.
Di sor (bawah)
sanggah cucuk diletakkan segehan manca warna 9 tanding, berisi daging ayam
brumbun, tetabuhan arak & brem ditujukan kepada Sang Kala Raja & Sang
Bhuta Raja. Selain itu juga dihaturkan segehan cacah 108 (satus kutus) berisi
jeroan mentah, segehan agung 1 tanding ditujukan kepada Sang Kala Bala &
Sang Bhuta Bala. Atau lebih sederhana dihaturkan 1 segehan warna 9 sesuai
dengan warga pangider dewata nawa sanga. Keempat Bhuta Kala yang dihaturkan
segehan di bawah ini merupakan pengikut dari Bhatari Durgha.
mantramnya :
“Ih Durgha
Bhucari, manusan nira angaturaken segehan, iki tadah saji sira segehan,
madaging beras, jinah paketengan pinaka pamogpog maka kirang nira, aja
nyengkalen waduan sira among maka jiwa pramana waduan sira. Wus amangan anginum
lah ta sira pamantuka ring karang nguni soang-soang”
Dalam melaksanakan
tawur di atas, hendaknya nunas tirtha caru dan tirtha kahyangan tiga di
masing-masing desa pakraman. Selain itu juga pelaksanaan tawur agung kesanga di
tingkat rumah tangga, sebaiknya disesuaikan dengan kondisi desa
pekraman/lingkungan sekitar.
Pesan terakhir,
maknailah setiap upacara yang kita lakukan karena dengan begitu setiap yadnya
demi yadnya kita lakukan akan mengubah tata cara kita berpikir, perkataan, dan
perbuatan kita mengarah ke arah yang lebih baik. Disebutkan dalam Manava Dharma
Sastra III.97
Nacyanti nawyah
kawyani naranama wijanatam, bhasmi bhutesu wipresu mohad dattani datrbhih
Arti Bebas :
Persembahan yang dilakukan tanpa diketahui maknanya adalah sia-sia, sama dengan
mempersembahkan kebodohannya dan persembahan itu tak ada bedanya dengan
segenggam abu....
Rahajeng Rahina
Jagat Nyepi Tahun Baru Çaka 1937
Om loka samstha
sukinoh bhavantu
Om shanti shanti
shanti om
0 komentar
Posting Komentar